Kontraksi Laju Pertumbuhan Belanja Pemerintah

Apa yang menyebabkan pertumbuhan kontribusi belanja pemerintah terhadap PDB terkontraksi? Mengapa kontribusi belanja pemerintah penting terhadap perekonomian Indonesia di tengah pandemi COVID-19?

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan ekonomi Indonesia terkontraksi 5,32% pada kuartal II – 2020 sebagai dampak dari pandemi COVID-19. Laporan ini juga memuat fakta menarik yaitu terkontraksinya laju pertumbuhan kontribusi pengeluaran konsumsi pemerintah terhadap PDB (year on year) yang mencapai -6,90%. Hal ini yang turut menjadi perhatian presiden dalam kurun waktu terakhir, terutama terkait dengan rendahnya penyerapan anggaran penanganan COVID-19.

Sejumlah kalangan menilai, kontribusi belanja pemerintah memiliki peran guna menggerakan perekonomian dan mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah Pandemi COVID-19 sekaligus merupakan langkah antisipatif agar Indonesia tidak masuk jurang resesi. Sehingga, sangat diperlukan percepatan penyerapan stimulus belanja pemerintah.